twitter

Microblogging

Tahun 2009, dunia internet memang diwarnai dengan layanan microblogging. Blog yang hanya mengijinkan penggunanya menulis 160 karakter untuk setiap post. Tanpa judul, tanpa keterangan dan lain sebagainya. Microblogging memang media untuk menyampaikan kejadian atau peristiwa yang terjadi pada saat itu. Salah satunya Twitter, microblogging dengan urutan teratas untuk saat ini.

Awalnya memang saya tidak begitu tertarik menggunakan layanan yang satu ini. Memang bagi saya tidak begitu bermanfaat untuk sekadar menyampaikan unek-unek. Apalagi beberapa waktu yang lalu (postingan teman saya), mayoritas isinya hanya berisi keluhan. Tidak ingin membaca dan mempelajari lebih lanjut mengenai layanan tersebut. Bagi saya, update status via Facebook saja sudah cukup.

Sempat saya membaca status dari teman saya akan layanan meme dari Yahoo!. Search engine yang satu ini memang lagi gencar-gencarnya meng-inovasi layanan  yang akan diberikan. Salah satunya adalah meme tersebut, walaupun terkesan menjiplak dari konsep microblogging lainnya.

Namun, entah kenapa akhirnya saya bisa menjadi pengguna untuk layanan yang satu ini.
Pertama, Yahoo! merupakan situs besar dan terkenal sejak dari dulu. Otomatis saya sudah mempunyai akun didalamnya, entah itu Yahoo Mail, Yahoo Messenger, Yahoo Answers dan lain sebagainya. Mendaftar dengan akun yang sudah ada lebih mudah bukan daripada dengan akun baru? Saya lebih suka menggunakan beberapa layanan hanya dengan satu akun saja. Bahkan kalau bisa, satu akun untuk semua layanan yang ada di dunia internet. Seperti OpenID mungkin.
Kedua, layanan meme sedikit memberikan fitur lebih dibandingkan dengan microblogging lainnya. terlihat dari halaman dashboard, posting dikategorikan berdasarkan jenis seperti text, video, image dan audio. Bukan sekadar link yang merujuk ke konten tersebut.

Walaupun sudah lumayan lama diluncurkan, meme belum bisa dilepas secara penuh. Bisa dikatakan beta version. Ketika pertama kali masuk Anda akan didaftarkan sebagai follower beberapa user yang tidak jelas asal-usulnya. Mereka merupakan developer team Yahoo! yang khusus menangani seluk beluk meme dan merespon setiap unek-unek yang diposting oleh pengguna, yang berhubungan dengan meme tentunya.
Dan jangan heran, kalau semua posting tak jelas selalu bermunculan setiap menit untuk mencari segala kemungkinana kesalahan yang ada didalamnya.

2 komentar:

GaL mengatakan...

Oww...lo main ke blog gue dari meme ya?
Thx u ya ude bac adan kasih komen disana...
sering2 main lagih! :)

Arvernester mengatakan...

@Galz :
Iya, kalo ada waktu dan lagi mood bakal balik lagi kok. :D

Posting Komentar