twitter

Facebook.com di blokir? Apa yang dapat saya lakukan?

Seorang teman kampus saya mengeluh karena dikantor tempat dia magang tidak bisa mengakses sosial networking yang bernama Facebook. Saya hanya tersenyum dan tidak menjawab pertanyaan tersebut. Menurut saya itu pelik sekali. Bukannya mencari kerjaan yang sesuai agar diperhatikan lebih, malah mencari kerjaan kurang berguna agar tidak diperhatikan. Hal yang membuat saya heran adalah, hampir tiap hari dia bisa online, tapi tetap saja tidak tahu sama sekali bagaimana cara mengatasinya. Sayang sekali orang Informatika tidak dapat menyelesaikan kasus kecil seperti ini. Terlebih kasus yang dihadapi berhubungan langsung dengan bidangnya.

Di catatan kali ini saya sedikit memberikan trik dan alternatif agar permasalahn tersebut sedikit banyak dapat terpecahkan. Sebelum Anda mengaplikasikan salah satu trik dan alternatif berikut, terlebih dahulu Anda harus mengetahui tujuan dari Anda membuka website Facebook tersebut. Hanya untuk update status? Balas status orang lain? chatting? melihat dan/atau membaca pesan? add/approve teman? Jika semuanya iya, ituberarti Anda hanya menggunakan kurang dari 40% sumberdaya yang disediakan Facebook. Sayang sekali reource sebegitu besar hampir separuhnya tidak pernah digunakan atau tidak pernah disentuh sama sekali. tapi, setidaknya trik dan alternatif berikut dapat memberikan akses Anda kepada fasilitas yang kurang dari 40% tersebut.


Beberapa admin jaringan atau web admin dalam sebuah instansi/perusahaan yang tidak terlalu cerdas hanya memblokir url http://www.facebook.com. Dia merasa, dengan memblokir url tersebut merasa lebih dari cukup agar karyawannya tidak dapat mengakses url tersebut.
Gunakan Facebook tidak standar! Ya, jika hanya url http://www.facebook.com yang di blokir, Anda dapat menggunakan Facebook versi lain seperti http://lite.faceook.com, http://touch.facebook.com atau http://m.facebook.com. Selesai sudah. Di Facebook tidak standar ini Anda dapat menikmati kurang dari 30% layanan yang diberikan Facebook. beberapa fitur dihilangkan dari Facebook tidak standar ini.

Jika Anda tidak dapat mengkases salah satu Facebook tidak standar (atau semuanya) itu artinya web admin atau admin jaringan tersebut sudah memblokir penuh akses terhadap Facebook. Dalam kasus ini Anda dapet menggunakan proxy. Tersedia ratusan proxy yang dapat digunakan secara gratis. Salah satu web proxy yang populer adalah http://hidemyass.com (berbasis web) dan toonel (berbasis desktop (java apps) ). Khusus untuk web proxy akan mengurangi kenyamanan Anda dalam ber-Facebook-ria, berbagai maca iklan yang tidak diinginkan akan bermunculan di layar Anda. Hal yang lebih mudah dan nyaman adalah menggunakan desktop proxy seperti toonel. Jika masih kesulitan menggunakan kedua layanan ini, Anda dapat menggunakan IP proxy. Ratusan IP dan Port juga disediakan secara Gratis.

Sayangnya penggunaan proxy tidak diizinkan dengan alasan apapun di tempat Anda bekerja. alternatif berikut mungkin akan lebih membantu.

1. http://imo.im
Website ini merupakan instant messenger berbasis web yang lumayan handal. Tersedia berbagai macam protocol yang disediakan, seperti yahoo, google, msm/ICQ, MySpace dan tentu saja Facebook. Jika Anda hanya ingin menggunakan fasilitas chatting disediakan Facebook, web yang satu ini bisa menjadi alternatif pertama.

2. Disgsby
Digsby sebenarnya instant messenger berbasis desktop. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi favorit saya yang sering dibukana, karena multifungsi dan kemudahannya. Menyediakan berbagai macam protocol chat seperti Yahoo, Google talk, ICQ, MSN dan Facebook chat. Oya, aplikasi ini juga menyediakan notifikasi email untuk Google Mail. Selain itu juga menyediakan layanan social networking Twitter dan Facebook. Anda dapat update status langsung dari aplikasi ini. Selain itu, feed status dari teman-teman Anda juga akan ditampilkan pada aplikasi ini. Anda dapat langsung membalasnya dari aplikasi tersebut. Menarik hah? selain itu, yang lebih menarik. Update status dan feed status lebih cepat dibandingkan Facebook tidak standar atau bahkan Facebook standar sekalipun.

3. Tweetdeck
Aplikasi yang satu ini tidak saya rekomedasikan karena memakan sumder daya komputer yang gila-gilaan. Belum cukup dengan sumber daya komputer, aplikasi ini juga tergolong bandwith killer. Bayangkan, ketika pertama kali membuka aplikasi, Anda akan disuguhi berbagai macam informasi status, feed status, photos/picture, notifikacations, group, pages dan lain sebagainya. Facebook standar saja tidak sesadis itu. ck.. ck... ck..

4. Facebook API (Advanced User)
Jika Anda merasa tidak puas dengan aplikasi alternatif tersebut, Anda masih dapat mempelajari dan menggunakan Facebook API pada aplikasi Anda sendiri. Tentu saja, itu merupakan hak Anda untuk memebuatnya menjadi bentuk apa. :)

5. Google
Alternatif ini sengaja saya tulis di urutan terakhir. Keterlaluan sekali apabila sudah menggunakan layanan search engine ini, tapi tidak dapat menemukan solusinya.

Kesimpulan : Tidak ada.
Pesan Moral : Sering-seringlah buka Facebook dimanapun Anda berada dan bagaimanapun caranya, agar selalu diperhatikan oleh atasan Anda. :3

*iseng-iseng nulis sambil nunggu Mandriva 2010 selesai di download. :)

0 komentar:

Posting Komentar