twitter

Membuat No Nota Otomatis dengan PHP dan MySQL

Ilustrasi

No nota yang dimaksud bukan sekadar no berurutan dari 1 sampai dengan n atau model 0001 samap dengan 000n, tapi nota dengan format yang sudah ditentukan.

Dalam kasus kali ini, kita membuat no nota dengan format model ‘D-0109010-0001’ dan sejenisnya. Dimana nilai D merupakan jenis dari transaksi bersangkutan. Jenis ini sifatnya bebas, bisa berupa inisial penjual, inisial pembeli atau bisa jadi jenis transaksi yang sedang berlangsung. Panjang karakter juga bisa disesuaikan. 010910 merupakan format tanggal terjadinya transaksi. Sedangkan 0001 merupakan nomor otomatis setiap transaksi dilakukan. Apabila dalam sehari transaksi lebih dari 9999 transaksi, kita bisa menambahkan digit nomor otomatis menjadi lima karakter, misal ‘D-310810-00001’.

Kenapa Framework CodeIgniter lebih populer di Indonesia?

Kalo dihitung-hitung, setahun belakangan kira-kira ada 5 kali lebih saya melamar kerja di perusahaan software developer, web developer lebih tepatnya. Sebagian memang saya ajukan dengan iseng, sebagian lagi saya ajukan dengan sangat serius. Walaupun pada kenyataannya sebagian besar tidak diterima dengan serius (niat iseng yang dibalas dengan iseng). Beberapa kali saya mengamati, ada yang tidak biasa dalam setiap persyaratan yang diajukan oleh perusahaan kepada calon karyawannya, yaitu kemampuan untuk menggunakan framework PHP yang nantinya bertujuan untuk kemudahan kerja tim dan penyeragaman aplikasi. Tidak ada yang aneh memang dalam keharusan penggunaan framework, tapi ada yang agak unik. Dari requirement yang saya baca, sebagian besar mewajibkan calonnya menggunakan CodeIgniter. Kenapa framework yang digunakan harus CodeIgniter sih? Kenapa bukan Zend Framework, CakePHP, Yii, Kohana, Symfony, DooPHP, GTFW atau framework lainnya? Sering juga saya melihat beberapa lowongan yang mencatumkan requirement serupa. CodeIgniter sudah seperti framework standar yang digunakan oleh suatu perusahaan. Memang, sebenarnya bukan perusahaan yang mutlak menentukan menggunakan framework apa, tapi mengacu kepada penggunaan framework secara mayoritas dan kebijakan programmer itu sendiri.